Monday, January 20, 2014

Tips Menulis Resensi Buku


Hi readers!
How are you doing? Good?

Readers yang gemar membaca buku pasti pernah kepikiran untuk menulis resensi dari buku yang kalian baca, ya nggak? Awal mula aku membuat blog ini juga karena aku suka membaca dan sering berpikir kenapa aku hanya menikmati sebuah buku untuk diriku sendiri tanpa membagikan pendapat/pengalaman mengenai buku yang aku baca tersebut pada orang lain. Selain itu, aku juga sering membaca resensi beberapa blogger buku ternama yang sudah membaca ratusan bahkan ribuan buku yang hampir semuanya mereka share dalam bentuk resensi di sebuah blog, forum, atau website dan tertarik untuk melakukan hal yang sama.

Tahukah readers kalau menulis resensi dapat menjadi sarana untuk membagikan pengalaman atau pendapat atau rekomendasi kalian mengenai suatu buku pada banyak orang? Lebih-lebih menulis resensi juga memberikan manfaat lho. Masih ingat dong ya apa saja manfaat menulis resensi buku. Kalau lupa, boleh intip lagi disini. Nah, di post ini, aku akan share sedikit mengenai tips menulis resensi buku. Simak baik-baik ya!

A. Get Prepared
Kalau di acara masak-memasak biasanya sih disebutnya, siapkan alat dan bahan. Berikut ini apa-apa saja yang perlu dipersiapkan.
1. Pembatas buku
Pembatas buku kali ini berbeda ya dengan pembatas buku kertas. Pembatas buku ini terbuat dari plastik mika tebal yang dilengkapi dengan celah dibawah headernya sehingga bisa digunakan untuk menyelipkan halaman buku. Bingung ya dengan penjelasannya? Oke, nanti aku kasih tahu bagaimana cara menggunakannya. Pembatas buku jenis ini banyak dijual di toko-toko buku. Harganya juga murah dan 1 paket dapat kurang lebih 10 pembatas buku dengan desain yang sama.

2. Buku yang akan diresensi
Ini pokok yang paling penting, bukunya. Yakali kalau mau nulis resensi tapi nggak ada bukunya terus mau bahas apa?? LOL

3. Pulpen
Pulpen berfungsi untuk mencatat hal-hal apa saja yang ingin kalian bahas dalam resensi nanti. Jadi, jangan remehkan fungsi si pulpen ya.

4. Note
Ini pasangannya si pulpen. Note berfungsi untuk menampung draft resensi kalian dan poin-poin penting apa saja yang ingin kalian sajikan dalam resensi termasuk untuk mencatat quotation favorit kalian. Tapi, bagi yang tidak suka ribet, bisa kok mengganti note dan pulpen dengan note pada smartphone.

B. Baca Sampai Selesai
Untuk dapat membuat resensi yang akurat, kalian wajib membaca suatu buku hingga selesai. Kalau perlu data diri penulis dan ucapan terimakasih juga dibaca ya. Mengapa harus membaca sampai selesai? Karena dalam membuat referensi perlu dihindari yang namanya, judging a book from its title, cover, and synopsis. Judul, cover, dan sinopsis tidak bisa menjadi pedoman yang kuat untuk menulis sebuah resensi. Kalau kalian tidak memiliki waktu banyak, kalian bisa juga menggunakan sistem scanning atau skimming. Yaitu membaca buku dengan melihatnya secara sekilas atau hanya mencari poin-poin pentingnya saja asalkan kalian tetap menyelesaikan proses tersebut hingga halaman terakhir buku.

C. Fokus pada Poin-Poin Penting
Dalam membuat resensi, ada beberapa poin penting yang perlu disajikan, contohnya summary (ringkasan), keterangan buku secara umum, keterangan penulis, karakter/penokohan, plot, konflik, ending, bahkan quotation. Untuk lebih memudahkan kamu mengingat poin-poin penting tersebut, kamu membutuhkan pembatas buku, kecuali kamu suka melipat ujung halaman buku.

Nah, sudah tahu kan sekarang fungsi pembatas buku mika itu :) Setelah itu, kamu bisa mencatat kembali quotation yang kalian sukai dan poin-poin penting dari sebuah buku yang kalian baca setelah selesai membaca buku secara keseluruhan. Jadi, kalian akan tetap bisa membaca dengan nyaman kan?

D. Hindari Spoiler
Hal yang paling sulit dalam menulis resensi adalah menghindari spoiler. Aku sendiri bahkan beberapa kali sempat menulis resensi yang mengandung spoiler. Ya mau bagaimana, kadang otak ini nyerocos terus dan jemari juga tidak mau berhenti menyentuh keyboard. Haha. Tapi seiring berjalannya waktu, kalian akan terbiasa menghindari menulis spoiler dalam resensi yang kalian buat. Sebisa mungkin tulislah hal yang penting-penting saja dan jadilah penyimpan rahasia yang baik. Kan, kasihan pembaca yang belum pernah membaca bukunya kalau kita menyajikan resensi ber-spoiler. Kasihan penerbitnya juga dong :)

E. Rating itu Penting
Hal terakhir yang perlu kalian cantumkan dalam resensi adalah rating. Siapa bilang rating tidak penting?? Rating merupakan ringkasan dari keseluruhan isi resensi kalian. Apakah kalian menyukai buku tersebut atau tidak bisa dilihat pada rating yang kalian berikan. Terkadang, banyak orang yang menggunakan rating sebagai referensi apakah buku tersebut layak untuk dibaca atau tidak. Eitssss, tapi hati-hati ya dengan rating, karena rating dalam suatu resensi adalah penilaian berdasarkan opini si penulis resensi tersebut. Jadi, untuk menghindari kerancuan, kalian bisa menuliskan keterangan dari masing-masing rating. Misalnya, bintang tiga berarti buku tersebut isinya bagus dan menarik.
Kalau aku sendiri dalam menulis resensi di blog ini, simbol rating yang aku gunakan adalah crown atau mahkota. Aku sesuaikan dengan tema blog dan gambar favoritku saja. Hehehe.

F. Keterangan Buku dan Cover
Keterangan buku dan cover adalah dua hal yang tidak boleh dilewatkan dalam sebuah resensi buku. Mengapa demikian? Karena keterangan buku dan cover adalah penuntun jalan untuk pembaca yang ingin membeli atau membaca buku yang sama dengan apa yang sudah kalian tulis resensinya. Bagaikan berjalan tanpa mata, resensi yang tidak mencantumkan keterangan buku dan cover akan menjerumuskan pembaca. Soalnya, diluar sana ada beberapa buku yang memiliki judul yang sama persis. Keterangan buku bisa meliputi judul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit/cetakan, edisi, ISBN, tebal buku, bahkan harga buku dan tempat dimana bisa membeli buku tersebut.

Baiklah, sampai disini dulu ya aku berbagi tips untuk menulis resensi buku. Jika kalian masih bingung atau kalian ingin menggali lebih banyak referensi, kalian bisa mengunjungi banyak blog buku baik yang ditulis oleh blogger Indonesia maupun blogger mancanegara. Jangan lupa terus update buku-buku yang akan kalian baca agar pembaca juga senang dengan resensi-resensi yang kalian tulis. Salam semangat!!!


*Cheerio!!

~Hug & Kiss~
xoxoxo


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Flag Counter

The Goodreads Activities