Sunday, December 8, 2013

IMO: Manfaat Menulis Resensi Buku

Hi readers!
Di post kali ini aku akan membahas sedikit mengenai manfaat menulis resensi buku. Pasti sudah pada tahu dong apa itu resensi buku atau book review. Kalau lupa coba deh buka lagi buku paket Bahasa Indonesia sewaktu SMA, pasti ada deh. Well, menurut banyak sumber, menulis resensi buku itu ternyata ada banyak manfaatnya lho. Nih, aku share beberapa manfaat menulis resensi buku menurut opiniku (IMO).


1. Melatih Ingatan
Menulis resensi buku ternyata bisa melatih ingatan lho readers. Selama proses menulis resensi otak kamu akan menggali memori yang tersimpan akan suatu buku termasuk cerita di dalamnya, tokoh-tokohnya, plotnya, konfliknya, endingnya, bahkan kutipannya. Selain itu, menulis resensi juga membantu kamu mengingat lagi buku-buku apa saja yang sudah kamu baca. Gini maksudnya, kalau kamu menulis resensi dan mengarsipnya dalam buku, blog, forum, maupun mengirimnya ke media, kamu akan mudah mengingat buku-buku apa saja yang pernah kamu baca, bagaimana jalan ceritanya, siapa pengarangnya, dan masih banyak lagi.

2. Melatih Kemampuan Menulis
Banyak orang yang tidak menyadari jika menulis resensi buku bisa melatih kemampuan menulis. Bahkan ada banyak orang yang mengawali karirnya sebagai penulis buku karena pada awalnya dia sering menulis resensi dari buku-buku yang pernah dibacanya. Jadi, kalau kamu berminat atau bercita-cita untuk menjadi penulis buku sendiri, kamu bisa mulai dari membaca buku-buku dan menulis resensinya. Karena dengan begitu kamu tahu, jenis buku apa yang banyak diminati pembaca, kelebihan apa yang dimiliki buku tersebut sehingga laris di pasaran, alur cerita yang bagaimana yang menarik, tokoh seperti apa yang unik, dan masih banyak lagi.

3. Meningkatkan Minat Baca
Menulis resensi secara langsung berkaitan dengan minat baca. Tentu dong, kalau nggak punya minat baca mau nulis resensi dari mana? Minat baca kamu akan semakin tergali karena kamu pastinya akan memiliki rasa ingin tahu yang besar pada buku-buku baik di dalam maupun di luar genre yang kamu suka. Dengan begitu kamu akan lebih tertantang untuk membaca lebih banyak buku dan membuat lebih banyak resensi lagi.

4. Melatih Kreatifitas
Kreatifitas tidak hanya datang dari melihat, mendengar, atau membaca. Kreatifitas bisa juga terpupuk dari kegemaran kamu menulis, seperti menulis resensi. Tentu saja saat menulis resensi kamu ingin menyajikan sesuatu yang berbeda dari penulis resensi yang lain agar resensi kamu lebih diminati oleh pembaca.

5. Mendapatkan Komisi dan Buku Gratis
Nah ini nih bagian yang paling seru dan ditunggu-tunggu dari hobi menulis resensi buku, yaitu mendapatkan komisi dan buku gratis. Percaya deh, ada banyak blogger maupun penulis resensi yang sukses menghasilkan rupiah dari hobinya menulis resensi. Kebanyakan mereka menulis resensi untuk dimuat di media cetak maupun elektronik. Selain bisa menjadi side job yang menghasilkan uang, menulis resensi buku juga memberi kesempatan buat kamu untuk mendapatkan buku-buku secara cuma-cuma langsung dari penerbit untuk diresensi. 

Gimana? Banyak kan manfaat dari menulis resensi buku! Jadi tunggu apa lagi? Mari menulis resensi buku sebanyak-banyaknya! O ya, kalau mau tahu lebih banyak tentang resensi buku dan peresensi-peresensi yang inspiratif, kamu bisa follow twitter Klub Buku Indonesia dan Goodreads Indonesia. Kalau mau lebih giat lagi, kamu bisa search di Google blog-blog/website para peresensi buku baik di dalam negeri maupun dari luar negeri. Membuat akun Goodreads juga akan sangat membantu kamu untuk lebih up to date lagi mengenai buku-buku apa saja yang sedang booming.


*Cheerio!!

~Hug & Kiss~
xoxoxo


2 comments:

  1. Ah saya juga sedang belajar mereview, Kak. Baik buku atau film yang sudah saya lahap. Hehehe. Terimakasih sudah berbagi :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Asma Karimah. Terimakasih sudah mampir.
      Wah sama ya, aku juga suka menulis review dan juga masih dalam tahap belajar. Tetap semangat menulis ya!!

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Flag Counter

The Goodreads Activities