Sunday, December 15, 2013

Hal yang Wajib Diperhatikan dalam Memilih Rak Buku

Rak buku atau bookshelf merupakan benda yang keberadaannya sangat penting bagi para penggemar atau kolektor buku. Ada berbagai macam jenis dan desain rak buku yang dengan mudah bisa kita temui di internet. Namun, ada beberapa hal lain yang lebih penting selain desain yang patut untuk diperhatikan sebelum kita memasang atau membuat rak buku pribadi. Berikut apa saja hal-hal penting yang wajib diperhatikan.

1. Space (Lahan)
Lahan merupakan hal yang dirasa paling krusial dalam menentukan bentuk dan desain rak buku. Sebelum kita menentukan ukuran rak buku sebaiknya kita mengukur dulu lahan yang tersedia. Semisal kita ingin meletakkan rak buku di kamar. Nah, kita harus bisa mengukur (atau mengira) seberapa luas area kosong di dalam kamar yang kita miliki. Untuk area yang cenderung sempit, hanging bookshelf bisa menjadi pilihan yang tepat.

Hanging bookshelf seperti pada gambar bisa dibuat dengan menyisipkan besi landasan pada tembok dan menumpuk buku diatasnya. Hanging bookshelf seperti ini bisa diletakkan pada tembok di atas meja atau di samping tempat tidur. Ada juga desain hanging bookshelf yang super unik seperti ini:
source: media.dexigner.com
 Selain hanging bookshelf, area yang terbatas dapat disiasati dengan rak buku putar.
Sedangkan untuk area yang cukup luas, ada banyak jenis bookshelf yang bisa dipasang dan tentunya dengan kapasitas yang lebih maksimal.

2. Lokasi
Selain ukuran area, lokasi juga menjadi poin penting sebelum kita menentukan jenis rak buku yang akan kita beli nantinya. Ada banyak spot di dalam rumah yang dapat dimanfaatkan sebagai arena membaca atau lokasi untuk meletakkan rak yang berisi buku-buku koleksi kita. Yang pertama adalah kamar tidur. Ya, meletakkan rak buku di dalam kamar tidur akan membangkitkan emosi yang lebih intens dan intim dengan buku-buku koleksi kita. Selain itu, meletakkan rak buku di kamar tidur pribadi akan memudahkan kita untuk mengaksesnya.


Selain diletakkan di dalam kamar, rak buku juga bisa diletakkan di ruangan lain, misalnya ruang TV, ruang tamu, ruang baca, ruang makan, bahkan di bawah tangga.




3. Material
Selain ukuran dan jenis area, material juga menjadi fokus tersendiri yang patut untuk diperhatikan. Rak buku bisa dibuat dari berbagai macam material. Kayu dan besi adalah material yang paling sering digunakan untuk membuat rak buku. Namun sekarang hard plastic juga banyak digunakan untuk membuat rak buku karena praktis, murah, dan tersedia dalam beragam warna.

Bahkan ada juga rak buku yang terbuat dari kaca yang bener-bener sayang untuk dilewatkan.

Gimana, sudah menentukan mau beli atau bikin rak buku yang seperti apa??

*Cheerio!!

~Hug & Kiss~
xoxoxo


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Flag Counter

The Goodreads Activities