Tuesday, December 17, 2013

Aplikasi Pembaca eBook untuk Platform Java

Hi readers!
How was your life?
I'm so excited to tell you something through this post. Well, may be it is not really fresh news to share, but I think I should share it to you, just in case you haven't got the similar information. Pada intinya, beberapa hari yang lalu aku keranjingan banget untuk nyari-nyari ebook yang free download. Tapi sayangnya, aku agak malas rasanya membaca ebook lewat laptop atau PC. Pertama karena nggak nyaman dan kedua karena ribet. That's why dulu-dulu aku lebih suka baca cerita langsung lewat buku, karena lebih fleksibel dan portabel. Beberapa hari yang lalu aku gandrung alias suka lagi membaca ebook karena sempat menemukan beberapa novel fiksi (terutama sekuel) berbahasa Inggris yang belum terbit di Indonesia.

Masalahnya, sewaktu pertama download aku nggak nyadar kalau yang aku download adalah file dengan fornal EPUB. File ini jelas-jelas tidak bisa dibaca, bahkan di PC/laptop, tanpa bantuan aplikasi khusus. Akhirnya, aku memilih merepotkan diri untuk meng-convert file EPUB tersebut ke PDF. You know lah, hasilnya agak berantakan, terutama spasi dan hurufnya. Jadi makin nggak nyaman deh membacanya. Apalagi aku bener-bener pengen membaca novel itu-The Cuckoo's Calling-dengan nyaman.

Akhirnya, dengan bermodal niat yang sangat besar, aku coba-coba browsing di Google aplikasi untuk membaca ebook dengan format epub, ternyata ada banyak. Tapi aku pengennya yang bisa diinstal dan applicable untuk handphone. For your information, handphoneku bukan smart phone ya, agak jadul dan berplatform Java, bukan Android, iOS, atau Symbian. Semakin curious lagi untuk mencari aplikasi yang tepat, aku coba tanya sepupuku. Dia menyarankan untuk browse di Google dengan kata kunci, "free ebook reader for Java mobile". Setelah lama mencari, voila!!! Aku nemu aplikasi yang bernama Albite Reader 2.2 karya Svetlin Ankov.
"Here you'll find free e-books, that have been specially optimized for your phone. All books are split to chapters, and compiled as EPUB files, so that they'll load fast and run smoothly on your device. Many children's books, have images, too, and they have been re-sized so that they'd take very little space." (Albite.org-Home)
Albite Reader 2.2 ini pas banget untuk handphone berplatform Java (Symbian juga bisa), baik touch-screen maupun bukan. Albite Reader ini bisa digunakan untuk membaca ebook dengan format epub. Aku sudah coba beberapa file dengan ukuran yang berbeda dan ternyata semua bisa terbaca dengan baik. Meskipun menunya masih seadanya, alias tidak muluk-muluk seperti aplikasi pembaca ebook untuk smart phone, tapi aplikasi ini sangat membantu sekali. Setting spasi, huruf, mode layar, dan warna sudah tersedia. Yang paling membantu adalah 'Switch Day/Night' yang mana memudahkan pengguna untuk mengganti warna pada layar agar lebih nyaman di mata pada kondisi ruangan yang terang maupun gelap.


Menu-menu pada Albite Reader 2.2 juga menyediakan 'Table of Content' yang mana pengguna bisa jumping page, atau meloncat ke chapter yang diinginkan. Selain itu, aplikasi ini bisa otomatis membuka buku yang terakhir pengguna baca dengan halaman yang persis sama seperti sebelum pengguna 'Quit'. Applikasi ini juga menyediakan website resmi yang berisi banyak pilihan ebook gratis, hanya saja kebanyakan berisi novel/buku tahun 1800-1900an. Kalau yang suka dengan sastra lama, bisa dicoba masuk ke webnya disini!

Kalau readers berminat untuk download free ebook reader yang satu ini, readers bisa langsung browse di Google atau kunjungi beberapa website seperti mobiles24. Disana ada banyak pilihan aplikasi Albite Reader. Pengguna bisa mendownload sesuai dengan versi yang diinginkan maupun ukuran layar dari gadget Java yang dimiliki. Readers bisa juga mengunjungi technogadge untuk direct download. Ingat ya, applikasi ini kemungkinan besar hanya bisa membaca file dengan format EPUB!!! Jadi kalau file ebook yang readers download dalam bentuk PDF atau TXT sebaiknya readers convert dulu ke EPUB. Ada banyak kok online converter gratis yang bisa digunakan!

Good luck readers!!! Keep reading all the way!!!

*Cheerio!!

~Hug & Kiss~
xoxoxo


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Flag Counter

The Goodreads Activities