Wednesday, December 18, 2013

Book Review: Wings by Aprilynne Pike




Sinopsis:
Laurel benar-benar terpesona. Itu luar biasa indah-terlalu indah untuk digambarkan dengan kata-kata. Laurel berbalik menghadap cermin lagi, matanya menelusuri kelopak yang melayang di kedua sisi kepalanya. Itu terlihat seperti sayap.

Sepasang sayap yang mirip kelopak bunga tumbuh di punggung Laurel. Sejak itu dunianya berubah. Ia bertemu dengan Tamani. Pria itu melihat Laurel mengembangkan sayapnya di dekat sungai, lalu berbicara dengannya seolah sudah mengenalnya sejak lama. Tamani mengatakan sesuatu yang sangat tidak masuk akal. Dia bilang Laurel adalah peri, sama seperti dirinya. Tapi Laurel berada di dunia manusia untuk mengemban tugas penting, yaitu menjaga gerbang masuk Avalon, dunia peri, dari makhluk-makhluk jahat seperti troll. Sementara menghadapi takdirnya yang baru, Laurel pun terbagi antara cintanya pada Tamani dan David, sahabat manusianya...
***
Cerita dimulai dari kehidupan Laurel, remaja yang baru saja menginjakkan kaki di sekolah reguler setelah sekian lama mengenyam pendidikan di rumah secara homeschooling. Pada awal pertama sekolah Laurel hampir tidak memiliki teman, untuk mengobrol bahkan untuk makan siang bersama. Namun, hari itu dia bertemu David di salah satu kelas. David dan Laurel menjadi cepat akrab.

Sebenarnya, Laurel bukanlah anak kandung di dalam keluarganya, meskipun dia anak tunggal. Laurel bukan anak yang diadopsi oleh ayah-ibunya dari panti asuhan manapun. Dia datang dengan sendirinya ke rumah mereka. Laurel kecil ditinggalkan begitu saja oleh seseorang di depan rumah keluarga barunya. Dan dia tidak memiliki ingatan apapun tentang siapa dirinya dan dari mana dia berasal.
Laurel sendiri tumbuh menjadi remaja gadis yang cukup aneh. Keanehan pada diri Laurel tidak hanya soal makanan, gaya berpakaian, tapi juga pada kebiasaanya yang tidak wajar untuk remaja yang sedang berkembang. Dia bahkan tak pernah berdarah, atau mungkin darahnya tidak merah?? Pada suatu hari Laurel mendapati dirinya memiliki benjolan aneh di punggung yang kian hari kian mengkhawatirkan. Laurel takut sesuatu yang buruk akan menimpa dirinya. Dan ternyata, memang ada sesuatu. Dia bersayap!! Ada sejumput benda asing mengembang dibalik punggungnya. Seperti sayap tapi juga seperti kelopak bunga!

Demi menyembunyikan keanehan itu, baik dari David dan teman-temannya di sekolah maupun dari orang tuanya, Laurel harus mengikat sayap bunganya dengan syal seharian dibalik bajunya. Kemudian sesuatu yang lain terjadi. Laurel, ketika dia berkunjung ke rumah lamanya, tidak sengaja bertemu dengan makhluk seperti manusia di hutan yang mengaku bernama Tamani. Dia bersikap aneh dan mengucapkan hal-hal yang tidak bisa Laurel mengerti, seperti gerbang Avalon, dunia peri, troll, dan sebagainya. Yang paling parah adalah ketika Tamani mengungkap siapa identitas Laurel sesungguhnya, dari mana dia berasal, dan apa tugasnya di dunia. Laurel ingin tidak mempercayainya, tapi sayap kelopak bunganya lah yang menjadi buktinya.

Lalu segalanya berubah dengan sangat cepat. Banyak hal dan kejadian aneh yang menyergap Laurel. Ada orang-orang asing yang berusaha untuk merebut sesuatu yang sangat berharga dari keluarganya tapi Laurel tidak tahu mereka siapa. Laurel pun masih berada di dalam dilema, antara mengatakan rahasianya pada David dan orang tuanya atau berjuang sendirian menghadapi makhluk-makhluk jahat yang menyamar sebagai manusia. Lagipula, dia juga tidak bisa meninggalkan perasaan yang tumbuh di dalam hatinya begitu saja, entah pada David atau Tamani yang seolah tak asing baginya.
~o~
"Debut yang luar biasa."-Stephenie Meyer, pengarang The Twilight Saga
Wings adalah karya debut yang menarik dari Aprilynne Pike sebagai penulis peraih Penjualan Terbaik #1 versi New York Times. Mrs. Pike berhasil menggabungkan dua elemen antara drama kehidupan remaja seperti dalam novel-novel teenlit dengan sebuah fantasy yang luar biasa. Sangat mengagumkan apalagi ditambah dengan setting dan imajinasi yang luar biasa tentang dunia peri, Avalon.

Alur dari novel ini juga mudah untuk dipahami dengan sedikit bumbu flash back. Selain itu, penambahan tokoh di dalam novel ini juga sangat rapi dan smooth, tidak terlalu dipaksakan atau malah bertubi-tubi. Sekilas, alur cerita dalam novel ini seperti novel The Twilight Saga karya Stephenie Meyer, meskipun tentu saja dengan konflik dan eksekusi yang berbeda.

Konflik yang dimasukkan dalam novel ini lumayan berbobot. Dimulai dari konflik pribadi dalam diri Laurel. Kemudian konflik dengan orang-orang yang ada di sekitarnya, terutama dengan Tamani. Lalu konflik dengan mereka yang jahat. Lebih-lebih novel ini juga memberikan konflik cinta segitiga yang agak rumit dan samar-samar karena si tokoh utama sendiri sukar membedakan cinta dengan persahabatan.

Untuk karakternya sendiri, Miss Pike menurut saya cukup berhasil dalam menghidupkan tokoh remaja yang sedikit canggung tapi menarik dalam diri Laurel. Sedangkan untuk David, dia digambarkan sebagai remaja yang tampan sangat cerdas dan juga bersikap sangat manis. David juga sangat protektif dan penuh perhatian apalagi dengan Laurel. Karakter Tamani juga sangat mengena bagi saya. Di dalam novel dia berperan sebagai figur tokoh sekunder yang harus rela memendam perasaannya dalam-dalam. Meskipun secara umum karakternya dideskirpsikan sebagai remaja yang ceplas-ceplos, cuek, namun sangat bertanggung jawab. Kombinasi karakter tersebut saya rasa dapat menarik perhatian pembaca dengan seketika, terutama pembaca remaja. Karakter Tamani juga mengingatkan saya pada karakter Jacob Black di sekuel Twilight. Siapa yang tidak tertarik dengannya?? Yang benar saja!

Menariknya, ending dari novel ini tidak terasa menggantung meskipun ada 3 sekuel lanjutan di belakangnya. Sekuel lanjutannya nanti dipastikan masih akan membahas masalah cinta dan perjuangan melawan yang jahat. Pastinya akan ada banyak konflik-konflik yang lebih seru dan misteri yang rumit yang harus dihadapi oleh tokoh-tokoh utamanya. Mungkin akan ada banyak karakter baru yang muncul juga.

Over all, saya menyukai novel fiksi fantasi Wings. Isinya cukup ringan namun juga mendebarkan, apalagi pada bagian dimana Laurel harus melawan mereka yang bermaksud jahat ditambah dengan deskripsi yang membuat saya sedikit bergidik. Covernya juga cukup menarik dan unik.

Keterangan Buku
Judul: Wings-Sayap Peri
Judul Asli: Wings
Pengarang: Aprilynne Pike
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: I/Januari 2012
Penerjemah: Andreas Priyo Adianto
Tebal: 296hlm
ISBN: 978-979-22-7944-3
Genre: Novel Fiksi-Fantasi

My rating: 4 out of 5 crowns






~Happy Reading~
xoxoxo


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Flag Counter

The Goodreads Activities