Sunday, December 8, 2013

Book Review: Hotelicious - Trapped in the Hotel by Anna Swan

Judul: Hotelicious - Trapped in the Hotel
Judul Asli: Hotelicious: Trapped in the Hotel
Pengarang: Anna Swan
Penerbit: B First (Bentang Pustaka)
Cetakan: I/Mei 2013
Tebal: 218++hlm
ISBN: 978-602-8864-75-6
Genre: Lifestyle (Non-Fiksi)

Sinopsis: Anna Swan adalah seorang frontliner di sebuah hotel berbintang yang terkenal di Indonesia. Ia sibuk wara-wiri menanyakan kebutuhan para tamu kelas VIP dan membuat mereka merasa menjadi tamu istimewa.

Baginya, customer adalah raja. Tapi itu semua tidak mudah. Anna harus bisa menjaga langkah kaki seanggun mungkin, dengan hak belasan sentimeter mengelilingi area hotel yang luasnya berhektare-hektare. Belum lagi tamu-tamu aneh bin ajaib yang datang silih berganti.

Unik, penuh kejutan, dan mengocok perut. Inilah sisi lain hotelier yang tak pernah kita sangka.
***
Buku ini adalah sebuah coretan non-fiksi karya Anna Swan. Di dalam buku ini Anna menorehkan banyak pengalamannya sebagai seorang staf hotel. Anna membeberkan semua pengalamannya dalam 27 sub-bab yang menarik untuk dibaca. Cerita dimulai dari sebuah acara makan bersama dengan sahabatnya, Tak, seorang pria asal Negeri Sakura yang dulu merupakan customer Anna saat masih bekerja di sebuah restoran di Surabaya. Pada hari itu Tak mengundang Anna untuk makan bersama di sebuah hotel. Anna begitu terkesan dengan pelayanan dan juga gaya bekerja para staf hotel disana. Tak mengetahui hal itu dan mendorong Anna untuk kuliah di salah satu akademi perhotelan.

Jadilah Anna, seorang mahasiswi salah satu akademi perhotelan di Surabaya. Selama menjadi mahasiswi ada banyak kejadian lucu dan menggemaskan yang berhubungan dengan hotel dan tugas-tugas perhotelan yang dialami Anna. Mulai dari membersihkan toilet, sampai making bed, dan masih banyak lagi. Menjelang akhir kuliah, Anna dan teman-teman seangkatannya wajib magang di sebuah hotel. Mereka boleh memilih hotel mana saja yang mau dijadikan tempat magang. Sebelum magang, mereka harus melamar di hotel pilihan mereka sama seperti pelamar kerja lho. Hihihi.

Amazingly, Anna diterima magang di salah satu hotel ternama di Nusa Dua, Bali. Nah, mulai dari sinilah kejadian demi kejadian lucu dan ajaib dialami Anna. Bahkan, suatu hari di Bali, Anna mendapatkan pengalaman lucu dengan monyet di Ubud. Ada juga pengalaman kurang menyenangkan di kos, kelaparan karena tidak ada makanan ber-nasi, vacation yang gagal, dan masih banyak lagi. Lain kejadian, Anna juga mengalami berbagai pengalaman unik dan menggemaskan dengan tamu-tamu hotel dan juga kawasan hotel yang luasnya minta ampun.

Setelah selesai magang, Anna kemudian bekerja di sebuah hotel di Surabaya sebagai frontliner. Tugasnya ternyata tidak semudah kelihatannya. Anna harus bisa deal dengan berbagai macam tamu yang rata-rata permintaannya ajaib. Belum lagi dengan tamu asing yang logat bahasanya susah diterjemahkan. Juga tamu "ndeso" yang kelakuannya aneh-aneh. Selain itu, selama bekerja di hotel di Surabaya Anna juga pernah bertemu dengan salah satu aktor Korea lho. Tak dipungkiri, kejadian "cinlok" dan horror di dalam hotel juga ada di dalam buku ini.
"Saya ingin seperti dia. Kerja di tempat yang bagus, mewah, dan nyaman. Bertemu banyak orang baru. Melayani tamu yang bukan orang sembarangan. Membuat para tamu puas dengan pelayanan yang saya berikan. Memasuki jenjang baru dalam karier yang belum pernah saya alami sebelumnya." (hal. 5)
~o~

Anna Swan adalah seorang staf hotel yang suka menulis, terutama menulis diary. Dia berhasil mengemas diary tentang kesehariannya sebagai staf hotel dengan sangat apik dalam buku ini. Ceritanya mudah dipahami dan gaya bahasa casual yang digunakan membuat pembaca enggan berpaling dan ingin melahap seluruh halaman dalam buku ini dalam sekali baca. O ya, kisah non-fiksi yang Anna tuangkan dalam buku ini bisa menjadi inspirasi tersendiri bagi kamu-kamu yang ingin bekerja di hotel. Tapi, seperti yang Anna bilang, buku ini bukan referensi atau guidelines bagi mereka yang ingin mejadi karyawan di hotel. Buku ini hanya sebatas diary yang berisi sharing pengalaman dirinya sendiri sebagai seorang staf hotel. 

Anna Swan juga memiliki hobi mengunjungi berbagai hotel di dalam negeri maupun luar negeri. Terhitung ada 90an hotel yang sudah dia kunjungi. Anna juga punya blog yang wajib untuk dikunjungi lho. Disana ada banyak celotehan Anna baik tentang dunia perhotelan maupun cerita mengenai sisi kehidupannya yang lain. Kamu bisa mengunjungi Anna di Anna Swan-The Hotelier.

Sebelum kelupaan, buku Hotelicious milik Anna Swan ini akan segera memiliki sekuel. Ada 2 buku yang siap terbit lho. Berikut spoilernya:

source: blog Anna Swan

source: blog Anna Swan

My rating: 4 out of 5 crowns






~Happy Reading~
xoxoxo


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Flag Counter

The Goodreads Activities